Mengenali jenis jenis Box speaker bass jauh

Mengenali Box speaker bass jauh

Mungkin yang dimaksud dari jenis box speaker bass jauh adalah enclosure woofer type "long throw" yang mampu melontarkan suara bass hingga jarak yang sangat jauh.Namun ditranslansikan kedalam bahasa Indonesia menjadi box speaker bass jauh.

Agar mudah dalam pengucapan,saya akan menggunakan kata long throw woofer enclosure,agar lebih keren kali ya...

Long throw woofer enclosure merupakan jenis box yang yawng didesain khusus untuk menghantarkan bunyi dari speaker unit kejarak yang lebih jauh dari venue stage.

Biasanya box long throw mengadopsi bentuk box horn loaded speaker.Namun bila ditilik dari sejarahnya box long throw memiliki beberapa bentuk universal.Dan akan saya coba pilah agar kita lebih mudah mengenali jenis jenis box tersebut

Jenis jenis box speaker bass jauh(long throw woofer enclosure)

1. Isobaric loaded

Box speaker bass jauh

Isobaric loaded merupakan cikal bakal dari box speaker bass long throw yang pertama kali diciptakan.

Diperkenalkan oleh Harry F. Olsen diawal tahun 1950an.Yang mana box ini memiliki 2 buah speaker identik yang saling bertumpuk dalam penempatannya.

2. Bass reflect

Box speaker bass jauh
Bass reflect termasuk kedalam golongan Ported enclosure atau direct loaded speaker box,namun karena memiliki reflect bass yang dapat mendorong jarak tempuh dari rambatan suara yang dihasilkan,maka bass reflect pun saya masukkan kedalam kategori box speaker long throw,meskipun jarak yang dihasilkan masih masuk kedalam jarak medium long throw.

Bass reflect pun memiliki beragam bentuk seiring dengan evolusi dari bentuk box speaker/enclosure yang beragam.

3. Folded horn

Box speaker bass jauh
Folded horn mungkin salah satu box woofer long throw paling sukses yang pernah diciptakan,box atau enclosure jenis ini paling banyak digunakan sebagai box subwoofer.Bahkan dalam perkembangannya folder horn memiliki berbagai macam bentuk baru yang sangat baik dalam menghantarkan frekwensi low dalam hasil reproduksi tata suara.

4. Plannar horn

Box speaker bass jauh
Plannar horn merupakan hasil evolusi terbaru dari box bass reflect yang telah kita bahas diatas.Konstruksi yang telah berevolusi membuat box plannar amat diminati oleh pemilik rental audio yang sangat mengutamakan kwalitas Mid-low yang dominan.

Nah itulah beberapa jenis box speaker bass jauh yang saya ketahui,bila ada yang ingin menambahkan jenis jenis box yang lainnya silahkan anda tulis dalam box komentar dibawah postingan saya kali ini.
Semoga bermanfaat!!!!




Komentar

  1. Bagus sekali penjelasannya mas, saya yang awam jadi tahu sedikit tentang soundsistem. Semoga makin sukses selalu....

    BalasHapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish