Mengenal cara kerja google SEO(update google SEO starter guide)


Copyright © 2017 sound on mike.Artikel kali ini merupakan hasil rangkuman dari update Google seo starter guide di pertengahan september 2017 lalu.Setelah 7 tahun lamanya google mempertahankan Google seo starter guide mereka.Akhirnya mereka mengupdate kembali perihal seo yang mereka anut selama 7 tahun terakhir.Dan artikel saya kali ini merupakan upaya saya untuk memberikan rangkuman secara singkat,dikarenakan SEO guide yang asli terlalu panjang.

Google SEO adalah cara dari praktik SEO dengan melakukan optimasi yang sesuai dengan kaidah dan kebijakan yang dimiliki oleh google.Banyak yang mengatakan bahwa praktik ini merupakan pengimplementasian dari praktik whitehat SEO.Namun banyak blogger pemula kurang memahami mengenai google SEO ini,bukan hanya diindonesia saja,bahkan blogger pemula dari manca negara pun agak kesulitan dalam memahami cara praktik terbaik dari google SEO ini.

Google seo

Lalu praktik praktik seperti apakah yang harus dilakukan agar sesuai dengan kebijakan dari google?
Di tulisan kami kali ini akan dibahas praktik terbaik yang dapat anda lakukan dalam pengimplementasian google SEO.Mungkin ini merupakan search engine optimization tutorial pertama yang saya coba buat.

Praktik terbaik google SEO adalah penerapan seo on page dan off page yang natural

Google seo on page merupakan praktik dasar dari sebuah situs agar proses pengoptimalan situs dimesin pencari dapat berjalan dengan baik.Sedangkan SEO off page lebih diutamakan yang memiliki kenaturalan dan berkualitas.

Langkah langkah yang baik

1.Menggunakan tema yang responsive

Tema merupakan sebuah tampilan buat situs.Jadi langkah terbaik ialah memilih tema yang responsive agar tidak membebani server ketika hendak meloading halaman situs yang kita miliki.Tema juga memiliki peran penting dalam hal peningkatan pengalaman pengguna.Sehingga tema yang responsive merupakan langkah awal yang bijak jika anda ingin menerapkan SEO on page pada situs anda.

2.Menggunakan meta deskripsi dan meta keyword

Google amat menyarankan para webmaster agar menggunakan meta deskripsi dan meta keyword sebagai bahan dasar agar crawler mereka dapat mengenali apa yang dibahas dari situs yang sedang di crawl.Meskipun bila hal tersebut tak dibuat google masih dapat memilah Topik sebuah situs,namun dengan membuat meta tag semacam ini akan mempermudah dan mempercepat proses crawlbot untuk mengenali Niche dari situs anda.
Contoh dari meta deskripsi dan meta keyword:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <meta content='website description' name='description'/>
    </b:if>
    <meta content='website keyword' name='keywords'/>
Anda dapat mengganti kata "website description dan website keyword" dengan deskripsi dan keyword dari situs anda.

3.Menggunakan meta tag kondisional

Meta tag kondisional berfungsi sebagai perintah opsional agar robot google dapat mengetahui Url mana saja yang diperbolehkan oleh pemilik situs untuk robot google mengcrawl url yang spesifik.
Contoh meta tag kondisional:
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
Selain cara diatas menambahkan robot.txt file kedalam situs anda dapat dijadikan penyempurna dari meta tag kondisional.

4.Menggunakan meta heading tag

Meta heading tag merupakan signal pemilah agar googlebot mampu membedakan mana url homepage dan mana url konten.Hal ini juga berfungsi sebagai peng-indeks-an bahwa tiap url tak memiliki konten duplikasi disitus anda.
Contoh meta heading tag:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if></b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;error_page&quot;'>
<title>Page Not Found - <data:blog.title/></title>
<meta content='3;/' http-equiv='refresh'/>
</b:if>

5.Menyempurnakan markup struktured data

Structured data adalah jenis Mark up yang memudahkan mesin penelusuran untuk menampilkan halaman halaman penting anda di serp.Hal ini berfungsi agar hasil index structured data dapat digunakan sebagai bahan referensi tambahan yang dimiliki oleh situs anda.Structured data juga digunakan oleh advertising network sebagai struktur yang mudah dikenali oleh crawler mereka dalam hal penentuan bid para advertiser.

Dan ditahun 2018 nanti google resmi menggunakan 2 jenis markups delivery guna memperoleh data terstruktur dari sebuah situs.Markups tersebut ialah markups inline delivery yang telah lama dikenal dan Markups JSONLD delivery yang telah menggunakan string code Java yang lebih sederhana dibandingkan inline markups delivery.

Kabar baik lainnya ialah Bing pun telah menggunakan JSONLD markups delivery sebagai pengumpul data dari situs kita.Sayangnya YAhoo,Yandex,ask belum resmi mengumumkan penggunaan markups tersebut.

6.Membuat navigasi situs

Navigasi bukan hanya penting buat googlebot,Navigasi pun amat sangat penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna.Bentuk dari navigasi dasar situs dapat mengarahkan pengunjung agar mau menelusuri isi situs yang lainnya.
Contoh navigasi situs dasar:
  • Navigasi menu utama
  • Navigasi footer
  • Internal link
  • Navigasi sidebar
  • Breadcrum
  • Related post
  • Sitemap/daftar pustaka
Beberapa list diatas merupakan bentuk dari navigasi dasar dari situs anda,dan anda wajib memiliki beberapa diantaranya.

7.Membuat permalink yang sederhana

Permalink atau url halaman situs yang sederhana dapat pula meningkatkan pengalaman pengguna,karena googlebot bekerja berdasarkan pengalaman penggunanya maka permalink yang tak terlalu rumit akan memudahkan googlebot dalam meng-index tiap tiap url yang anda miliki.
Contoh permalink rumit:
http://www.yourwebsite.com/1/2/3/my-seo/SEO.html
Contoh permalink sederhana:
http://www.yourwebsite/page/my-seo.html

8.Mengoptimalkan konten

Google menyarankan anda untuk mengoptimalkan seluruh konten yang ada,baik itu dalam bentuk tampilan,isi,topik,gambar dan segala hal yang berhubungan dengan pengoptimalan konten.Beberapa konten yang butuh dioptimasi seperti:

Gambar
Jangan pernah membiarkan properties gambar anda kosong,baik itu alt text maupun title teks nya.

Keyword
Selalu gunakan keyword yang sesuai dengan topik atau Niche konten anda.

9.Tautkan akun analytic tool

Akun analytic selalu memberikan informasi penting terkait penggunaan situs yang tertaut.Laporan perilaku dan jumlah pengunjung situs dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk menggunakan data tersebut bagi kemajuan situs.

10.Promosi situs

Mempromosikan situs merupakan bagian dari kampanye SEO Google anda.Saat ini terdapat 2 metode yang paling familiar,yaitu:

1.Self promotion

Self promotion dibutuhkan keahlian buat pelakunya.Karena dibutuhkan strategi strategi jitu dalam melakukan self marketing site.Inilah mengapa SEO amat penting bagi para pelaku internet marketer.
Self promotion biasa dilakukan para internet marketer melalui sosial media,email subscribe,forum dsb.

2.SEM & Social media marketing (SMM)promotion

Search Engine Marketing(SEM) adalah cara berbayar untuk mempromosikan situs anda,cara ini lebih cepat mendapatkan pengunjung berbayar yang notabene ialah pengunjung organik berbayar.
Contoh SEM&SMM:
  1. Google AdWords
  2. Bingads
  3. Facebook ads
  4. Twitterads

11.Memiliki Backlink berkualitas

Google lebih menyarankan kita untuk menggunakan backlink secara bijak,signal ini dapat diartikan sebagai penggunaan backlink yang berkualitas.
Kategori backlink berkualitas ialah backlink yang berasal dari sebuah situs yang memiliki popularitas dan otoritas yang baik.Dalam hal jumlah google tak pernah menyebutkan jumlah dalam bentuk angka yang spesifik.Namun google lebih menyarankan penggunaan rel=nofollow dalam pemberian link yang keluar.

12.Membuat situs lebih mobile friendly

Seiring perkembangan pengguna smartphone yang pesat,google pun telah mengumumkan algoritma terbaru mereka yaitu google mobile first indexing.Hal inilah yang melandasi Penggunaan website yang mobile friendly akan lebih menjadi sorotan utama google saat ini.Penggunaan tampilan layar situs yang kompatible dengan resolusi layar ponsel yang beredar saat ini merupakan fokus utama dari google mobile first indexing.Jadi buat anda pemilik situs yang belum mobile friendly,ada baiknya anda benahi tampilan situs anda secepatnya,agar para pengguna smartphone dapat melihat seluruh konten yang dimiliki melalui layar ponsel mereka.

Nah,itulah segala sesuatu hal yang layak anda ketahui mengenai google SEO.Apabila anda mengimplementasikan cara cara diatas secara bertahap,tandanya perbaikan SEO anda sedang menuju arah yang sesuai dengan kebijakan google saat ini.
Apabila ada kesalahan penulisan atau kata kata yang kurang anda mengerti,saya sebagai penulis meminta anda untuk mengkoreksi hasil tulisan saya melalui kotak komentar dibawah postingan saya kali ini.

Salam!!!

Referensi artikel :
Google SEO starter guide


Komentar

  1. Komen pertamax om :)

    Kalau SEO yg berhubungan dengan hubungan timbal balik yg akrab antara author dan audiense itu namanya SEO apa om? Saya menyebutnya dengan istilah SEO 'human interest', sebuah istilah yg sebenarnya saya bikin sendiri hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEO human interest yah?boleh jg😊...tp klo diartiin ribet juga bang,search engine optimisation human interest?berarti pengoptimalan mesin penelusuran berdasarkan minat manusia yah?klo SEO yang Abang maksud mungkin user experience atau pengalaman pengguna x bang,jd karena memiliki pengalaman pengguna yang baik maka mesin telusur mengganggap konten yang diminati manusia sebagai konten yang berkualitas,maka masuk ke ranah pengoptimalan mesin penelusuran.Begitu x yah

      Hapus
    2. Iya begitulah kira2 om,,,, mohon maap klo bahasanya agak ribet, maklum saya memang kurang lancar ngomong inglish hehehehe :D

      Hapus
    3. Sama bang,sy juga gak lancar klo bahasa linggis mah😂😂😂😂

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish