3 jenis Amplifier gitar yang tepat untuk anda


3 jenis Amplifier gitar yang tepat untuk anda.

Amplifier gitar adalah simbol seorang gitaris rock and roll. Sebagian besar amplifier Marshall Stack atau head cabinet telah banyak menghiasi panggung panggung hiburan para bintang rock, membuat suara dan nada rock yang kuat dan menggelegar selama hampir lebih dari lima dekade terakhir.

Ada berbagai macam amplifier yang dapat dimiliki pemain modern saat ini, mulai dari amplifier combo yang cocok unuk soft blues sampai masive monster combo yang disukai oleh para player metal.

Dengan begitu banyaknya pilihan di luar sana, sangat sulit untuk memilih ampli yang tepat untuk Anda. Bahkan jika Anda adalah pemain berpengalaman, pilihan yang tersedia bisa benar-benar membingungkan.Artikel ini akan menunjukkan dengan jelas bagaimana memilih amp yang sempurna dan sesuai dengan anggaran anda, juga dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik saat berbelanja nanti.

Tiga Jenis Amplifier Gitar

Ada tiga jenis amplifier gitar yang umum dan tersedia untuk gitaris diluaran sana, dan hal ini akan menjadi rejomendasi yang baik dalam memilih agar sesuai dengan kebutuhan dan gaya bermain pribadi Anda.

- Tube and vibe Amplifier / ampli tabung atau katup



Ampli tabung adalah amplifier gitar pertama yang tersedia untuk umum. Mereka disebut demikian karena mereka menggunakan tabung vakum (atau "katup") untuk meningkatkan energi sinyal gitar Anda sehingga cukup kuat untuk mendorong suara speaker.

Mereka sering disukai karena warna mentah, alami dan dinamika responsif mereka, namun pada umumnya lebih mahal daripada amplifier lainnya dan banyak yang membutuhkan volume keras untuk mendapatkan nada yang sangat bagus.

Amplifier katup juga membutuhkan katup yang diganti sekitar sekali setiap tahun, yang berarti harganya mahal untuk dipelihara. Ingatlah bahwa penguat katup biasanya dua sampai tiga kali lebih keras daripada solid state atau pemodelan amp dengan watt yang sama.

- Amplifier solid state/combo


Produsen amplifier gitar menyadari bahwa mereka bisa menggunakan transistor dan bukan tabung dan katup untuk memperkuat sinyal gitar,hal ini dapat menekan biaya produksi dan bobot ampli serta meningkatkan kegunaan dan kepraktisan.

Ampli jenis ini sangat populer dengan para pemain gitar jazz karena mereka tidak mewarnai suara gitar, tidak seperti amp tabung atau katup , ada yang mengatakan solid state tidak memiliki banyak respons dinamis atau suara gahar nan powerfull sebagaimana yang dimiliki oleh amplifier tabung,hal inilah yang membuat ampli solid state kurang populer dengan pemain rock dibandingkan ampli tabung/katup.

-Amplifier modelling Digital/hybrid





Kemajuan teknologi modern telah memungkinkan untuk menggabungkan kelebihan dari kedua ampli di atas.Model digital sangatlah ringan dan cukup murah (seperti ampli solid state) namun menggunakan sirkuit modern untuk meniru suara ampli katup. Mereka sering menampilkan efek digital built-in dan dapat meniru suara dari banyak amplifier paling populer yang pernah diproduksi. Mereka sangat baik untuk kenyamanan dan fleksibilitas, tapi masih banyak yang memperdebatkan apakah kualitas suaranya sama bagusnya dengan ampli tabung/katup yang sesungguhnya.

Jadi menurut anda apa jenis amplifer terbaik?
Ampli tabung/katup?
Solid State Amplifier?
Digital Modeling Amplifier?

Pilih dan Lihat hasilnya!!!

Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Anda Membeli

Pastikan Anda selalu mencoba amplifier baru dengan gitar dan efx pedal Anda sendiri sebelum membelinya. Ini akan memastikan bahwa nada yang Anda dapatkan di toko sama dengan nada yang akan Anda dapatkan di rumah atau di pertunjukan - lagipula, gitar dan amplifier bekerja sama untuk menciptakan karakteristik suara gitar Anda, jadi jika salah satu berubah, itu Sebuah dampak pada keseluruhan rig. Cobalah banyak amplifier yang berbeda dengan harga yang bervariasi sesuai anggaran Anda (ya, bahkan yang murah - mungkin mengejutkan Anda) untuk mendapatkan ide bagus tentang apa yang tersedia dan bagaimana nada gitar Anda bereaksi terhadap jenis dan gaya amp yang berbeda.

Volume ampli anda harus sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda hanya bermain di rumah, misalnya, kekuatan ampli abung yang lima puluh watt itu akan terbuang sia-sia, dan Anda tidak akan bisa loud enough untuk mendapatkan nada terbaik. Demikian juga, jika Anda sering bermain dari panggung ke panggung maka amplifier model digital yang hanya lima belas watt tidak akan mampu mengimbanginya. Pastikan amp yang Anda pilih bisa menangani kebutuhan Anda tanpa terlalu over-the-top.

Hal lain yang penting untuk dipertimbangkan adalah berat dan ukuran amplifier Anda. Jika Anda sering bermain dengan sebuah band, misalnya, Anda tidak ingin membeli amplifier yang sangat besar karena Anda harus membawanya masuk dan keluar dari tempat sepanjang waktu. Anda harus menyeimbangkan ini dengan kebutuhan volume Anda dan menemukan jalan tengah yang bagus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bahkan bisa membeli amplifier secara terpisah sebagai head dan kabinet, yang berarti setiap bagian dapat dibawa terpisah (bukan bersama-sama, seperti yang terjadi pada sebuah combo amp) untuk mengurangi berat badan.

Dan bagaimana dengan fleksibilitas? Pertimbangkan gaya yang Anda mainkan dan jumlah nada berbeda yang Anda butuhkan. Jika Anda tetap teguh dalam genre yang sama misalnya Anda mungkin lebih cocok dengan nada mentah dari amp katup, sedangkan pemain yang lebih suka bermain banyak gaya musik yang berbeda bisa lebih cocok untuk modelling digital dan nada nada tanpa akhir mereka.

Juga faktor dalam fungsi - berapa banyak kontrol yang berbeda yang Anda butuhkan? Beberapa ampli memiliki tombol untuk volume dan nada dan hanya itu, sedangkan yang lain berisi berbagai pengaturan dan fungsi yang berbeda. Yang Anda pilih turun ke bawah Turun ke seberapa banayak pilihan Anda tentang nada Anda, dan berapa banyak variasi yang Anda butuhkan dari ampli Anda.

Semoga artikel ini memberi Anda ide tentang apa yang harus dipertimbangkan saat membeli ampli baru. Saran terbaik yang bisa kami berikan hanya "cobalah segala hal - Bersenang-senanglah, dan pergilah keluar unuk memboyong amplifier baru!

All image by:wikimedia