Memahami fungsi insert pada mixer audio

Socket insert merupakan salah satu fasilitas yang sudah pasti dimiliki oleh sebuah mixing console atau yang biasa kita sebut sebagai mixer audio.Insert bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti memasukkan atau menambahkan.Jika ingin mengetahui lebih jauh perihal bagian bagian mixer audio dan fungsinya ada baiknya anda membaca artikel saya yang berjudul Semua yang anda perlukan seputar mixer terlebih dahulu.
Memahami insert mixer

Jadi,fungsi insert pada mixer ialah menambahkan sesuatu kedalam input kanal yang memiliki fasilitas insert tersebut.
Contoh:
Kanal microphone yang hendak menggunakan efx prosessornya sendiri dan mandiri
Untuk memahami lebih jauh tentang insert ini ada baiknya kita bahas bagaimana praktik insert yang baik dan benar.

Praktik insert 

Praktik insert yang baik itu harus memiliki beberapa piranti wajib agar insert dapat digunakan.

1.kanal insert

Kanal insert merupakan fasilitas tambahan yang biasanya terdapat pada mixer audio,amplifier dan sebagainya.

2.jack insert

Jack insert merupakan perantara wajib agar perpindahan dari modul insert ke sumber suara dapat dilakukan.

3.modul insert

Modul insert biasanya dipergunakan agar kanal insert memiliki piranti tambahan tersendiri.contoh kongkrit dari modul insert ialah digital compressor,Graphic equalizer,efx prosessor dsb.

Cara memasang Jack insert

Cara memasang Jack insert itu bisa dikatakan agak sedikit tricky.karena Jack insert biasanya menggunakan Jack Akai stereo atau Jack 1/4 stereo yang memiliki kabel bercabang.Jika anda belum mengetahui apa itu Jack Akai,silahkan anda baca artikel saya yang berjudul Ragam jenis Jack audio.

Kabel Jack insert biasanya ditandai dengan tag yang hanya pembuatnya saja yang paham.Tag ini berfungsi mewakili pin dari Jack stereo Akai insert.Pin tip berfungsi sebagai input insert dan tip ring berfungsi sebagai output insert.

Jack stereo Akai dapat anda masukkan kedalam socket insert sedangkan cabang kabel yang mewakili tip dapat anda masukkan ke dalam socket output dari modul insert,dan Jack yang mewakili ring dapat anda masukkan kedalam socket input dari modul insert.

Nah,mudah bukan menerapkan insert pada mixer anda?bila ada hal yang kurang dipahami.silahkan anda tuliskan melalui kotak komentar dibawah agar penulis dapatemberikan penjelasan lebih jauh perihal insert ini.Jika anda ingin memahami subgroup mixer anda bisa membaca artikel fungsi subgroup pada mixer

Semoga bermanfaat.