Backlink versi jaman now

Copyright © 2017 sound on mike.Sebenarnya sudah lama saya ingin membuat postingan mengenai cara mendapatkan backlink,karena masih banyak blogger jaman now yang meragukan fungsi dari backlink tersebut.



Kali ini saya coba luruskan mengenai backlink terlebih dahulu.Seperti yang saya kutip dari artikel saya terdahulu yang berjudul Makna dan penerapan Anchor teks yang baik,Google mengatakan bahwa:
"Backlinks enable you to keep track of other pages on the web that link to your posts."

Yang artinya:
"Backlink diberdayakan agar Anda tetap dapat memantau halaman lain diweb yang memiliki link kepostingan anda"

Sedangkan menurut Wikipedia backlink erat hubungannya dengan pranala balik,atau biasa disebut tautan masuk dari web lain yang terhubung melalui url tertanam.kurang lebih seperti ini kata wikipedia:

"Backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web(halaman web,direktori web,situs web,atau domain tingkat atas) dari node web lainnya"

Jadi bisa kita asumsikan bahwa backlink merupakan merupakan tautan dari halaman lain yang tertuju ke halaman yang anda miliki.

Jenis jenis backlink

Karena yang sedang kita bahas adalah tautan eksternal,jadi backlink merupakan keterkaitan antara situs yang berbeda sehingga dapat dipantau oleh search engine dan crawlbot lainnya.

Bila saling terkait itu tandanya masing masing situs memiliki link url dari kedua belah pihak,sehingga berubah menjadi backlink.Bila hanya 1 saja situs yang menanam link dari situs lain dan link situs yang 'ditanam' tak memiliki link dari situs yang 'tertanam' apakah akan menjadi backlink?

Tetap menjadi backlink...namun searah dan menjadi keuntungan buat sipemilik link yang ditanamkan.Akan tetapi tidak akan menghasilkan backlink yang dikategorikan berkualitas,namun bila url yang tertanam adalah url artikel maka artikel tersebut dapat terdongkrak posisinya di serp atau biasa disebut juga sebagai backlink serp.Backlink yang berkualitas adalah backlink yang saling menguntungkan,baik itu dalam hal menaikan rangking maupun memberikan limpahan traffic.

Akan tetapi khusus dalam hal limpahan traffic,hal ini sesungguhnya kurang menguntungkan dalam memberi peringkat,sehingga lahirlah backlink yang berjenis DoFollow dan nofollow.

Untuk backlink yang berjenis nofollow biasa digunakan untuk menaikkan peringkat otoritas,sedangkan backlink berjenis DoFollow berfungsi sebagai penambah traffic dengan memberikan limpahan traffic dari situs yang memiliki tautannya.

Karena DoFollow dikategorikan sebagai tehnik blackhat maka nofollow merupakan backlink yang lebih aman buat publisher ads seperti adsense.Backlink DoFollow akan lebih efektif jika digunakan oleh situs selain dari publisher adsense,dan kedua jenis backlink ini masih banyak digunakan oleh blog maupun situs sampai saat ini.

Lalu bagaimanakah cara untuk mencari backlink nofollow dan DoFollow ini,sebenarnya sih kita g perlu pusing,karena didalam templete kita sudah tertanam script yang memilah dengan sendirinya jenis backlink yang kita dapatkan.Jadi fokus kita kali ini ya hanyalah bagaimana cara agar dapat memperoleh backlink berkualitas saja yah.

Beberapa cara mendapatkan backlink

Ada beberapa cara mendapatkan backlink yang halal buat semua pengguna baik itu blog bertipe nofollow maupun DoFollow.

1.membuat artikel blog review

Cara ini telah lama diterapkan oleh para blogger senior,mereka membuat sebuah review akan blog blog yang selama ini pernah mereka singgahi dan mendapatkan ilmu disana kemudian menaruh komentar diblog tersebut dengan menggunakan name/url atau akun openid.

Hal ini akan jauh lebih baik apabila menambahkan sedikit tehnik ego bait didalam artikel mereka sehingga tiap tiap link eksternal yang digunakan sebagai perujukan dapat memberikan manfaat bagi sipemilik blog yang direview dengan cara memberikan limpahan traffic.

Hebatnya,Jenis ini walaupun pada blog nofollow tetap dikategorikan sebagai backlink nofollow,dan mampu mendongkrak nilai otoritas dari sipemilik blog yang mereview blog mereka.

Contoh seperti artikel kumpulan situs edu dan gov serta blog berpagerank tertinggi diindonesia yang saya miliki.

2.blogwalking

Siapa pun blogger yang sering melakukan kegiatan ini sudah pasti mengetahui manfaat dari blogwalking ini.Akan tetapi bila blog yang tak memiliki komentar default pada saat ia baru mulai berdiri,jangan harap tiap komen yang terdapat pada artikelnya dapat dimanfaatkan menjadi backlink.

Contoh,seseorang yang memiliki kotak komentar dari sosmed,seperti Disqus,Facebook,G+.Tapi jangan salah berpendapat juga,karena type kotak komen ini akan berdampak pada backlink dari situs sosial media tersebut,jadi bisa kita ketahui bahwa skor otoritas mereka pun sudah pasti tinggi,dan bila diubah menjadi backlink,sudah bisa dipastikan backlink dengan otoritas seperti apakah yang kita miliki nantinya.Bila anda ingin mengetahui hal ini lebih jelas,silahkan anda baca artikel perihal blogwalking yang sudah saya terbitkan beberapa saat yang lalu.

3.buying backlink

Untuk cara yang satu ini saya belum bisa berkomentar banyak,karena saya belum pernah menerapkannya.Namun,jika anda ingin mencobanya silahkan saja.Saran saya dalam membeli backlink adalah,cari backlink yang paling sukar dimiliki,seperti backlink dari domain gov dan edu.

Karena backlink ini paling sulit didapat bahkan para pakar SEO yang sering berkompetisi blog menggunakan cara ini agar blognya memiliki backlink dari domain gov dan edu.Mungkin situs SEOeStore bisa menjadi rujukan yang terbaik dalam hal jual beli backlink.

Namun perlu diingat,cara ini termasuk cara yang memiliki resiko,atau bisa dikatakan bahaya,kenapa?bahaya membeli backlink dikarenakan kita tak pernah tau backlink dari situs seperti apakah yang akan kita dapatkan,dan untuk publisher advertiser hal ini dapat memberikan dampak ditutupnya akses kepemilikan akun publisher advertiser seperti google adsense.

Nah,dari penjelasan saya diatas apakah masih kurang jelas?
Bila ya,silahkan cari referensi lainnya yang terbuka dan blak blakan seperti artikel saya ini perihal backlink.....
Saya yakin anda pasti akan mendapatkan saran yang sama.

Sebagai catatan:
Jangan terlalu berfoya foya dalam hal mencari backlink,ingat jangan sampai situs anda dikategorikan sebagai situs link farming,cukup 10 backlink dalam 3 bulan merupakan tindakan yang bijak.ingat tuhan kita pun membenci segala hal yang berlebihan
Ingat:
Backlink hanyalah kendaraan dari konten.Jika ingin lebih baik fokus pada optimasi onpage anda dengan menciptakan konten konten yang lebih original dan unik.
Semoga bermanfaat.


Komentar

  1. Kalau saya lebih menggunakan blog zombie saya sendiri ygvusianyabudah ratusan tahun.. Dan.... Rokettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa iya mba ratusan tahun🤔....klo buat publisher adsense asal bukan PBN sih sah2 aja mba😊sukses lah klo begitu😊

      Hapus
  2. Kalau saya pribadi lebih seneng blog walking.. Syapa tau ada yang ngasih cuma-cuma

    BalasHapus
  3. Kalo tiap hari bw, trus bisa nancepin 5 link om,
    Hehe
    Termasuk farming ga yak om 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo cm nancepin link seorang diri mah kan g jd backlink om😊kecuali bw saling kunjung balik dan dalam sehari jumlahnya masive....baru bisa dikategorikan link farm....apa lagi sehari bisa ratusan backlink....dan tiap link ngeroot link ke sub domain,nah itu yg bahaya😊

      Hapus
  4. Keren, versi micin gk ada mas hihihi 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk...buat bikin bakso aja klo itu mah gan😂

      Hapus

Posting Komentar

Be smart,be polite,dont do spam act...comment wisely.
Using unknown/anonimous account Will not publish